Kamis, 26 Oktober 2017

STRUKTUR KENDALI (WHILE-DO, REPEAT UNTIL FOR)

Struktur kendali

Struktur kendali di PHP merupakan pengaturan aliran program, mempunyai rangkaian perintah yang harus ditulis untuk memenuhi beberapa keadaan, yaitu:
Mengulang suatu perintah jika terpenuhi suatu kondisi
Melanjutkan sebuah pernyataan bila kondisi terpenuhi
Memilih sebuah pilihan dari beberapa alternatif bila kondisi terpenuhi

Struktur kendali dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu struktur kendali percabangan (pengambilan keputusan) dan struktur kendali pengulangan (looping).

Truktur Kendali Percabangan
Struktur kendali percabangan (pengambilan keputusan) struktur kendali yang berfungsi untuk melakukan pemilihan atas perintah yang akan dijalankan sesuai dengan kondisi tertentu. Ada empat perintah percabangan dalam bahasa pemrograman PHP, yaitu if, if...else, if...elseif, dan switch.

Struktur WHILE-DO
Suatu kondisi yg harus diperiksa terlebih dahulu. Apabila kondisi yg didefinisikan bernilai true maka statement yg terdpt dlm blok perulangan dieksekusi. Sebaliknyaapabila false , maka program tdk akan pernah dieksekusi.

Algoritma dan Pemrograman II A
STRUKTUR KONTROL
Struktur WHILE-DO
Suatu kondisi yg harus diperiksa terlebih dahulu. Apabila kondisi yg didefinisikan bernilai true maka statement yg terdpt dlm blok perulangan dieksekusi. Sebaliknyaapabila false , maka program tidak akan pernah dieksekusi.
Statement WHILE-DO digunakan untuk melakukan proses perulangan suatustatement atau blok statement terus-menerus selama kondisi ungkapan-logika pada WHILE masih bernilai logika benar.

Contoh :
Var I : integer;
Begin
I := 0;While I < 5 DoBeginWriteLn(I);I := I + 1;
End;
End.

Hasilnya :
0
1
2
3
4

Penjelasan :
Perulangan dari While akan terus dikerjakan bila kondisinya masih benar.Dalam hal ini kondisinya adalah I dan bila nilai I masih kurang dari 5, berartikondisi di dalam While masih terpenuhi dan perulangan akan selesai setelahnilai I lebih besar atau sama dengan 5.

Struktur REPEAT-UNTIL
Pengulangan akan terus dilakukan apabila kondisi yg didegfinisikan masihbernilai false, akan berhenti ketika nilainya sudah true.Digunakan untuk mengulang (repeat) statement-statement atau blokstatement sampai (until) kondisi yang diseleksi di Until tidak terpenuhi.

Contoh
Var
    I : integer;
Begin
   I := 0;
   Repeat
I := I + 1;
Writeln(I);
  Until I = 5;
End.
Hasilnya:
1
2
3
4
5

Struktur FOR
Digunakan untuk mengulang statement atau satu blok statement berulangkali sejumlah yang ditentukan.Sintaks dari statement For dalam bentuk diagram adalah sebagai berikut :
Bentuk Umum;
·         FOR id := v1 TO v2 DO statement
·         FOR id := v1 DOWNTO v2 DO statemen

Algoritma dan Pemrograman II A
FOR I := 20 DOWNTO 20 DO write(i);
Contoh :
Var
 I : integer;
Begin
For I := 1 to 5 Do Writeln(‘Pascal’);
End.

Hasilnya :
Pascal
Pascal
Pascal
Pascal
Pasca

Penjelasan :
Berarti statement WriteLn(‘Pascal’) akan diulang sebanyak 5 kali, yaitu denganpenghitung I dari nilai awal 1 sampai dengan nilai akhir 5.Contoh :Penulisan statement yang akan diproses berulang kali tersebut dapat jugaditulis dalam bentuk blok statement (diawali dengan Begin dan diakhiri dengan And), walaupun hanya berisi sebuah statement saja, sebagai berikut :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar