Kamis, 26 Oktober 2017

PROGRAM / Bahasa Pemograman

PROGRAM

Program adalah formulasi sebuah algoritma dalam bentuk bahasa pemograman, sehingga siap untuk di jalankan pada mesin komputer.membuat program seperti memberitahukan apa yang harus dilakukan kepada orang lain.

Bahasa Pemograman

Bahasa pemogram adalah bahasa buatan yang digunakan untuk mengendalikan perilaku sebuh mesin, biasanya berupa mesin computer.  Sehingga dapat digunakan untuk memberitahu komputer tentang apa yang di lakukan.
Klasifikasi Menurut generasi
1.    Frist Generation Language(ILG)
Bahasa pemorgraman ini berupa kode kode mesin yang hanya bisa dipahami oleh mikroprosesor
2.    Second Generation Language(2LG)
Bahasa pada generasi ini adalah assembly language , dimana bahasa ini masih menggunakan kode-kode yang disebut dengan mnemonic. Bahasa assembly disebut sebagai generasi kedua karena bahasa ini bukan bahasa asli mikropsesor, meskipun begituprogran tetap harus mengetahui keunikan dari masing-masing mikropsesor
3.    Generasi ketiga
Bahas pemograman generasi ketiga sengaja didesain supaya mudah dipahami oleh manusia. Pada generasi ini mulai dikenalkan istilah variable, tipe data,ekspresi aljabar dan sudah mendukung pemograman terstruktur.
Contohnya bahasa: FORTRAN, COBOL, ALGOL, BASIC, C, C++, PASCAL AVA.
4.    Generasi keempat
Pada generasi ini, bahasa pemograman didesain untuk mengurangi effort dan mempercepat proses pembuatan program. Pada 3GL, pembuatan program membutukan waktu yang lama dan mudah sekali didapatkan error. Pada 3GL, telah menggunakan metodologi dimna sebuah perintah dapat menghasikan beberapa instruktur 3GL yang di kompleks dengan sedikit error.
Contoh bahasa:
a.    Pemograman umum : DataFlex, WinDev, PowerBuilder
b.    Basis data : SQL, Progress, 4GL

c.    Manipulasi data analisis dan pelaporan : ABAP, Matlap, PL/SQL.
5.    Generasi kelima
Bahasa pemograman generasi kelima disebut sebagai constraint progreming atau declarative-progreming. Program tidak dituliskan dalam bentuk algoritma melainkan dituliskan batasan atau fakta dari sebuh lingkungan masalah sehingga program akan menghasilkan luaran bentuk solusi. Bahasa pemograman yang masuk katagori ini adalah bahasa mesin itu sendiri (IGL) dan bahasa assembly (2GL).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar